Mei 14, 2019 Menggunakan Uang Tabungan atau Pinjam Uang

Menggunakan Uang Tabungan atau Pinjam Uang

Jika anda ingin melakukan pembelian atas suatu barang yang mahal, anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara terbaik untuk membayarnya. Menabung selalu menjadi pilihan, tetapi apakah itu akan cukup baik untuk anda? Beberapa orang lebih memilih untuk mengambil pinjaman pribadi. Tetapi itu bisa menjadi situasi yang sulit, jika anda tidak mampu mebayar. Dengan kedua opsi memiliki kelebihan dan kekurangan, bagaimana memilih pilihan yang paling baik untuk anda dan solusi pembiayaan apa yang harus anda pilih? Teruslah membaca untuk mengetahui semua tentang pro dan kon dari menggunakan uang tabungan dan pinjaman uang, lalu luangkan waktu anda untuk memutuskan.

Tabungan 

Keuntungan

1. Anda tidak harus berhutang 

Sudah sangat jelas, kalo anda menggunakan uang tabungan anda tidak harus berhutang. Salah satu keuntungan dalam menggunakan uang tabungan adalah anda tidak perlu mencari-cari ketempat lain. Anda tidak perlu membayar berjangka-jangka setelah pembelian barang, dan tidak ada bunga yang perlu dibayarkan.

Dari banyak sudut pandang, ini bisa menjadi solusi pembiayaan yang paling terjangkau. Belum lagi dengan cara ini, anda tidak beresiko kehilangan aset kepada pemberi pinjaman apa bila anda tidak membayar cicilan.

 2. Tidak perlu memikirkan kredit rating yang buruk

Keuntungan lain adalah tidak ada yang peduli dengan nilai kredit anda, dan anda pun tidak perlu memikirkanya. Misalnya, anda ingin mencoba membeli sepeda motor menggunakan kredit, anda tidak perlu diperiksa dan tanya-tanyakan mengenai kondisi finasial anda.

Apa bila anda membayar dengan uang tunai, tidak ada yang akan menanyakan tentangp eringkat kredit anda karena hal tersebut tidak relevan untuk mereka. Ini bisa sangat menenangkan hati untuk tidak dihakimi dan dinilai berdasarkan angka yang mencerminkan masa lalu anda.

Kekurangan

1. Hanya mampu membeli sebanyak yang dimiliki

Salah satu kelemahan utama dari menabung adalah bahwa anda hanya bisa membeli sebanyak yang anda tabung. Jadi, jika anda ingin melakukan pembelian besar seperti rumah, mobil, atau sepeda motor yang kita bicarakan sebelumnya. Anda perlu menyimpan uang yang banyak untuk membeli barang yang ingin anda beli, dan terkadang hal tersebut tidak pernah terpenuhi. Ini bisa menjadi masalah dengan pengeluaran yang lebih kecil jadi jika anda bukan penabung yang sangat baik, anda mungkin tidak akan mampu membeli barang yang anda inginkan.

2. Memakan waktu yang lama

Hal lain yang harus anda ingat dalam hal menabung, adalah bahwa hal itu bisa memakan waktu yang sangat lama. Tergantung pada bagaimana anda menggunakan uang, menabung bahkan mungkin bukan pilihan realistis dengan harga-harga barang yang begitu mahal, dan apa bila anda tidak pernah menabung sebelumnya, anda mungkin bisa berakhir frustasi dan berhenti sebelum sampai ke tujuan.

 

Pinjaman

Keuntungan

1. Anda bisa mendapatkan jumlah uang yang lebih banyak

Jika anda ingin melakukan pembelian yang besar, maka pinjaman akan menjadi taruhan terbaik anda, karena memungkinkan anda untuk mendapatkan lebih banyak uang daripada yang bisa anda simpan. Jadi, dengan asumsi anda tertarik untuk membeli rumah, melakukan liburan atau pernikahan, anda dapat membayarnya kembali selama beberapa bulan atau tahun, dengan cicilan yang terjangkau.

2. Mendapatkan uang secara instan 

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kenyataan bahwa pinjaman memungkinkan anda mendapatkan uang dengan cepat. Bergantung pada jenis pinjaman anda peroleh, anda dapat memiliki uang hanya dalam beberapa jam, atau dapat memakan waktu beberapa hari hingga uang tersebut dikirim ke rekening anda. Dengan cara ini, anda tidak perlu menunggu untuk menghabiskan uang anda; segera setelah anda mendapatkanya, anda dapat keluar dan mulai membeli apapun yang anda inginkan, dan kemudian memulai mengembalikannya segera.

Kekurangan

1. Membayar bunga

Sekarang, bunga adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, Ada beberapa kartu kredit menawarkan bunga sebesar 0% untuk tahun pertama. Namun saat anda meminjam uang, anda harus membayar dengan jumlah yang besar karena memiliki bunga. Tingkatannya dapat lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada jeins pinjaman. Dalam beberapa situasi, biaya bunga mungkin sepadan dengan kenyamanan yang diberikan, tergantung biaya bunga terlalu besar dan membuat barang yang anda beli tidak sepadan.

2. Kredit skor yang buruk dapat membatasi peminjaman

Aspek negatif lainnya anda harus mengandalkan kredit skor anda, hal ini dapat merusak kesempatan anda untuk mendapatkan pinjaman. Kecuali anda memiliki aset berharga yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk pengajuan kredit anda. Selain dari itu apa bila anda tidak mampu membayar atau mengalami kesulitan dalam membayar tagihan anda, anda akan menerima kredit skor yang buruk dan akhirnya anda akan mengalami kesulitan di waktu yang akan datang.

Apa bila anda memilih untuk melakukan pinjaman dari pada menggunakan tabungan, anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/kredit/ , anda dapat melakukan peminjaman dengan cepat, mudah dan terpercaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *