Juli 1, 2019 Mari Simak Bagaimana Proses dan Cara Menutup Kartu Kredit Citibank

Mari Simak Bagaimana Proses dan Cara Menutup Kartu Kredit Citibank

Proses dan Cara Menutup Kartu Kredit Citibank

Cara menutup kartu kredit Citibank tidak bisa dilakukan sembarangan, sama halnya saat membuat kartu kredit. Ada prosedur yang harus diikuti untuk menutup dengan benar agar tidak ada masalah di kemudian hari. Beberapa nasabah mungkin merasa dipersulit oleh pihak bank, apabila ingin menutup kartu kredit. Namun proses penutupan sebenarnya mudah asalkan tahu langkah-langkahnya. Langkah-langkah penutupan kartu kredit harus dipahami dengan benar. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui bagi yang ingin melakukan penutupan kartu kredit. 

Hal Penting Sebelum Menutup Kartu Kredit

Beberapa nasabah seringkali merasa bingung karena sulitnya menutup kartu kredit. Penting untuk mengetahui beberapa hal berikut terkait cara menutup kartu kredit.

1. Melunasi Tagihan

Kewajiban bagi semua nasabah yang menggunakan layanan kartu kredit adalah membayar atau melunasi tagihan. Tidak akan bisa dilakukan penutupan kartu kredit, apabila tagihannya belum selesai dibayarkan. Tagihan yang perlu dihitung bukan hanya pemakaiannya tetapi meliputi beberapa biaya lain seperti annual fee dan bunga-bunga yang dikenakan akibat penggunaan kartu kredit. Biaya tahunan atau annual fee sering tidak dihitung karena untuk awal kepemilikan kartu kredit biasanya sengaja dibebaskan hingga jangka waktu tertentu. Mengenai bunga kartu kredit, biaya yang perlu disiapkan sekitar 3% dari total transaksi. Jumlah tersebut adalah bunga maksimal yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

2. Menggunakan reward

Pengguna kartu kredit pasti sudah tahu mengenai reward atau hadiah yang biasanya diberikan untuk promo kartu kredit. Bagi pengguna kartu kredit Citibank yang ingin melakukan penutupan, sebaiknya habiskan seluruh reward yang dimiliki. Hadiah atau reward tersebut hanya berlaku saat kartu masih aktif. Reward yang diberikan pun bisa bermacam-macam, mulai dari gadget, peralatan elektronik, voucher, hingga gratis annual fee. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah ketentuan pengambilan reward karena biasanya ada yang pengirimannya dibebankan sebagai biaya transfer untuk pemilik kartu kredit. 

3. Menutup kartu kredit ke bank

Cara menutup kartu kredit Citibank tentu saja adalah dengan datang ke kantor Citibank. Penutupan kartu kredit hanya bisa dilakukan oleh bank yang menerbitkannya. Datang langsung dan lapor ke bank adalah cara paling efektif untuk menutup kartu kredit dengan lebih mudah. Bertemu langsung dengan petugas bank akan memudahkan nasabah yang ingin menutup kartu kredit. Semua data dan proses penutupan bisa dibicarakan langsung dan lebih cepat hasilnya. 

4. Batalkan pembayaran otomatis

Layanan Citibank 1Bill merupakan pembayaran otomatis yang disediakan bagi nasabah yang memiliki tagihan bulanan dan ingin membayarnya menggunakan kartu kredit. Layanan ini perlu menjadi perhatian bagi nasabah yang ingin menutup kartu kredit. Lakukan konfirmasi kepada pihak bank untuk melakukan pembatalan Citibank 1Bill sebelum menutup kartu kredit. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak ada masalah ke depannya.

5. Arsipkan bukti atau dokumen tertulis

Biasanya pihak bank akan memberikan dokumen penting yang terkait dengan penutupan kartu kredit. Dokumen tersebut adalah barang penting yang sebaiknya disimpan dengan baik. Dokumen seperti bukti pelunasan tagihan dan kartu penutupan adalah yang paling penting. Simpan dengan aman dan rapi sehingga sewaktu-waktu ada keperluan dengan dokumen tersebut tidak sulit untuk mencarinya. Dokumen tertulis dapat menjadi bukti kuat apabila ada masalah kartu kredit yang sudah ditutup tersebut.

Itulah beberapa hal penting terkait cara menutup kartu kredit Citibank yang aman dan efektif. Pemegang kartu kredit sebaiknya langsung datang ke kantor dan meminta bantuan petugas bank untuk proses penutupan kartu kredit. Informasi lebih lengkap, anda bisa langsung mengunjungi https://www.cekaja.com/banks/citibank/kartu-kredit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *